Selasa, 30 Agustus 2011

Perjalanan Singkat : Lebaran 1432 H


 Lebaran tahun ini saya putuskan untuk merayakannya pada hari Selasa lalu. Tidak ada masalah buat saya dalam menyikapi hari raya yang berbeda perayaanya, toh kita kan sama-sama dalam menggapai satu tujuan:yaitu alasan mengapa kita merayakannya. Kewajiban kita hanyalah saling menghargai dan menghormati sajalah segala perbedaan ini. Tidak dewasa apabila kita berantem atau ribut cuma gara-gara memperebutkan dominasi egoisme pikiran kita saja.
Hari kemenangan ini pertama-tama kutempuh dengan takbiran di masjid rumah tinggal saya yang dulu, Jami` At Taqwa. Seperti tahun-tahun sebelumnya format acara ini dilombakan agar para peserta lomba bersemangat dan termotivasi untuk mendengungkan suara takbir. Di akhir acara juga tersedia berbagai kriteria kejuaraan yang dilombakan. Salah satunya adalah kontingen dengan barisan paling rapi, yang berhasil direbut oleh barisan takbir masjid kami. 


Pagi harinya pukul 06.15 tepat sholat ied dilaksanakan di lapangan depan masjid itu. Banyak orang berpenuh sesak memenuhi lapangan untuk menyelenggarakan sholat ied ini. 


Rumah yang pertama kukunjungi untuk sungkem adalah rumah pakdhe saya yang lokasinya tidak jauh dari tempat pelaksanaan sholat ied. Disitu sudah berkumpul dari sebagian keluarga besar saya, ada Pakdhe, Om, beserta anak-anaknya. Rame! Setelah menyantap makan pagi dengan semur daging dan opor kami langsung bergegas untuk syawalan dan ziarah makam leluhur di Delanggu, Jawa Tengah.

Ingin punya rumah yang seperti ini nih :)

------------------------------------- Ada Iklan Penting ! ----------------------------------
                                          JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Selalu yang membuatku merinding, sampah dibuang sembarang :(
             Tidak lupa saya mengunjungi rumah eyang saya dulu yang sekarang ditinggali Bulek saya. Saya selalu suka suasana di rumah ini dengan keadaan dan segala arsitektur rumahnya. Rumah ini selalu memunculkan kenangan-kenangan manis masa kecil saya dulu disini. Harmonis jauh dari statis!

Salah satu alasan kenapa rumah ini selalu ku kangeni :)

          Setelah selesai mengunjungi keluarga besar yang ada di sana. Saya beserta rombongan lainnya bergegas menuju Jogja untuk menghadiri trah Abdullah Bayah Soni, pihak kakek dari bapak saya, yang dilaksanakan di rumah anak dari Budhe saya, tepatnya di sebelah utara hotel Sheraton.
Di tempat tujuan terakhir ini, setelah menghabiskan 3 mangkok bakso sapi, akhirnya saya mengakhiri perjalanan saya hari itu. Di hari depan masih ada hari raya lagi, semoga dapat terus menjalin silaturahmi terhadap siapapun dan dimanapun.
Selamat berlebaran, Bung!

1 komentar: